Optimasi SEO Onpage Di Blog “Blogspot” sebenarnya sangat mudah jika kalian sudah punya pengetahuan dasar Optimasi SEO Onpage.
Optimasi SEO Onpage berbeda dengan optimasi Offpage, walaupun kaian sudah mempunyai pengetahuan dasar dari Optimasi SEO, tetap saja eksekusinya akan sulit dilakukan.
Optimasi SEO Onpage Di Blog “Blogspot”
APA YANG DI MAKSUD OPTIMASI SEO ONPAGE?
Optimasi SEO atau Search Engine Optimization onpage adalah suatu istilah dalam SEO, yang mengacu kepada segala sesuatu yang kalian lakukan pada isi sebuah halaman website/Blog. Tujuan utama dari Optimasi ini adalah memperbaiki faktor-faktor SEO onpage agar mesin pencari “Search Engine” mendapatkan penekanan kata kunci yang benar dari suatu halaman.
Mengapa optimasi ini harus dilakukan?
Supaya mesin pencari “Search Engine” tidak bingung saat tiba di halaman-halaman website/blog kalian. Untuk memudahkan sobat memahaminya kita umpamakan saja seperti ini: ada begitu banyak orang di dalam sebuah lapangan, saudara tidak akan bisa membedakan yang mana orang penting dan yang mana orang biasa jika mereka memakai seragam kan? Nah, oleh karena itu dikembangkan sistem atribut. Siapa yang mengenakan atribut jabatan tertinggi, maka dialah yang terpenting,
Sistem atribut inilah yang dipakai oleh Google untuk menentukan, apa saja penekanan dari sebuah halaman website/blog.
Mungkin sekarang teman-teman bertanya apa saja atribut seo onpage itu?
ATRIBUT OPTIMASI SEO ONPAGE
Berikut adalah atribut optimasi onpage yang umumnya digunakan:
Title tag
Meta Description
URL
Judul Halaman h1
Judul Artikel h2
Sub Judul Dalam Artikel h3
Cetak tebal/miring b atau i
Jika ada gambar, maka harus ada atribut alt
Sekarang pahami ini. Jika suatu kata tidak mengenakan satupun atribut di atas, maka kata itu tidak penting. Jika suatu kata mengenakan 1-3 atribut di atas, maka kata itu pastilah penting. Jika suatu kata muncul dalam semua atribut di atas, maka sudah pasti kata itulah yang paling penting di halaman itu,
Ibaratnya di lapangan upacara orang ini adalah jenderal besar dengan begitu banyak pangkat melekat di bajunya.
Jadi saya akan coba membahas masalah onpage ini untuk kedua bagian di atas. Sebelum kita mulai silahkan buka halaman web yang akan saudara nilai onpagenya, Kalau sudah terbuka, tekan CTRL+U untuk membuka kode sumber dari halaman web tersebut,
POINT SEO ONPAGE TERTINGGI BERADA DI head BERADA DI TITLE TAG
Ini hanya berada di bagian head saja, dan kodenya adalah
title Isi dari title tag halaman title
Yang terpenting adalah apa saja yang bisa kalian isikan pada title tag ini. kalian harus berhati-hati dalam mengisi title tag, karena banyak praktisi SEO yang menganggap bahwa title tag adalah atribut onpage yang terpenting. Ibaratnya atribut kerajaan, maka ini adalah mahkotanya.
Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu sobat ketahui bahwa semakin di depan kata kunci itu, maka pointnya akan sangat tinggi.
Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah:
JUDUL ARTIKEL saja, atau
JUDUL ARTIKEL – NAMA BLOG
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL Kecuali website/blog sobat sudah punya reputasi tinggu, mau bagaimana saja terserah sobat.
Namun website/blog yang sudah mempunyai reputasi tinggi pun selalu memperhatikan tag tersebut tujuannya adalah, supaya website/blog tidak mengalami penurunan.
META DESCRIPTION
Ini adalah satu-satunya meta yang menjadi fokus saya (meta robots hanya pada kasus duplikat konten saja). Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
Panjangnya maksimal 150 karakter.
Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali
Tentu saja mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
Sekali lagi, ini memegang point tertinggi di head jadi jangan lewatkan optimasi onpage yang satu ini.
URL/LINK
URL/LINK yang baik untuk blogger seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel. Sebagai contohnya adalah seperti di bawah ini:
http://tipseputarblogger.blogspot.com/2015/01/Optimasi-SEO-Onpage-Di-Blog.html
Jadi setiap bagian berisikan kata kunci yang jelas. Sayangnya masih banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL menjadi tidak jelas seperti di bawah ini
http://www.contohurlburuk.com/s90783213/page.php?id=9087121adfjf928
URL seperti ini tidak mengandung keyword, dan benar-benar menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage.
POIN TINGGI OPTIMASI ONPAGE BERADA PADA body ADA DI JUDUL HALAMAN h1
Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang kalian targetkan, karena bagaimana pun h1 haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman.
Point dari h1 sangat besar di dalam teknik onpage halaman web/blog,
JUDUL ARTIKEL h2
Judul artikel kita beri tag h2. Pernah ada yang bertanya apakah nilai onpage tidak lebih tinggi jika judul artikel sama dengan judul halaman? Tentu tidak, karena judul halaman itu h1, dan judul artikel itu h2. Jadi walaupun isinya sama, tapi untuk setiap heading pemunculannya hanya sekali, lagipula selama ini dalam aplikasinya sama sekali tidak ada masalah.
SUB JUDUL DALAM ARTIKEL h3
Ini juga bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam pembahasan untuk menegaskan relevansi dari pembahasan soobat blogger.
CETAK TEBAL/MIRING
Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi onpage. Tapi tidak perlu semuanya, cukup pemunculan yang pertama saja yang dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca dari halaman tersebut.
ALT TAG
Berhubung Google dkk belum bisa mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini adalah salah satu teknik onpage, karena tujuan utama dari sebuah halaman web/blog adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
Jika sobat sudah menerapkan semua poin di atas, maka itulah yang sering kita katakan sebagai sebuah blog SEO friendly, padahal seharusnya istilah yang kita pakai itu SEARCH ENGINE FRIENDLY, tapi karena pencariannya banyak jadi kita ikuti saja hukum keyword yang berlaku hehehe
PELENGKAP OPTIMASI SEO ONPAGE
Kalau semua optimasi SEO onpage di atas sudah anda lakukan, maka ada beberapa tambahan lagi yang perlu sobat perhitungkan
Pastikan konten saudara unik
Pastikan juga ada link menuju label
Tentunya harus ada link menuju beranda dari blog
Ada artikel terkait “related post” berdasarkan label yang bisa dibaca oleh mesin pencari.
Oke sekian dulu dari saya. Mudah-mudahan materi ini bisa membantu saudara dalam membangun website atau blog yang memiliki SEO onpage yang baik.Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment